GELAR BUDAYA DI KECAMATAN MLATI

FESTIFAL BREGODO DAN FESTIFAL DOLANAN ANAK

Kantor Kecamatan Mlati yang saat ini menempati Gedung Serbaguna Desa Tlogoadi kemarin pada hari Minggu tanggal 11 Desember 2016 menjadi pusat perhatian warga masyarakat Mlati dan sekitarnya lantaran pada saat itu diadakan Gelar Budaya yang berupa festifal Lomba bregodo dan dolanan anak.

Acara tersebut diikuti oleh warga masyarakat yang terdiri dari 5 (lima) desa di Wilayah Kecamatan Mlati dan masing masing desa menampilkan satu bregodo dan sedangkan pada festifal dolanan anak diikuti oleh 15 (lima belas) group kesenian dolanan anak.

Camat Mlati Drs. Suyudi, M.M dalam sambutannya mengatakan bahwa gelar budaya ini merupakan media  bagi warga masyarakat agar lebih mencitai seni budaya warisan leluhur yang pada saat ini sudah mulai terkikis olah kebudayaan asing.

Hadir pada acara tersebut Sri Murni Rahayu, S.H, M.M, Staf ahli di bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia dalam memberikan sambutan mewakili Bupati Sleman memberikan apresiasi yang sangat baik pada acara gelar budaya tersebut dan memberikan semangat kepada warga masyarakat Kecamatan Mlati khususnya generasi muda agar lebih mencintai seni budaya yang ada di daerah dan mengembangkannya agar kebudayaan warisan leluhur tidak punah oleh perkembangan jaman, pada akhir sambutan tersebut dilanjutkan dengan pembukaan festifal lomba bregodo dan dolanan anak.

img_36691Pada pelaksanaan lomba festifal bregodo diadakan kirab yang sebelumnya diawali dengan display bregodo selama kurang lebih 5 menit sebelum kirab oleh masing masing bregodo. Acara kirab tersebut melalui jalan dari Gedung Serbaguna ke barat samapi perempatan Cebongan belok ke selatan, kemudaian depan polsek Kecamatan Mlati belok ke kiri sampai di desa Wisata Ketingan belok ke kiri lagi sampai di jalan Kebonagung ke kiri dan kembali ke Kantor Kecamatan/Gedung Serbaguna. Sepanjang perjalanan kirab banyak warga masyarakat menyaksikan di pinggir jalan dari star hingga finis. Bersamaan dengan festifal bregodo juga berlangsung festifal lomba dolanan anak di halaman kantor kecamatan yang menampilkan berbagai tarian dan dolanan dari beberapa group kesenian dari sekolah dasar yang ada di wilayah Kecamatan Mlati.

img_37031Dan pada akhir festifal dilaksanakan pengumuman pemenang lomba oleh juri yang telah ditunjuk sebagai tim penilai lomba.

 

 

 

   Pemenang lomba bregodo :

  1. Juara I Bregodo Kyai Rebyuk dari Jumeneng Lor desa Sumberadi
  2. Juara II Bregodo Bokari dari Cebongan Kidul desa Tlogoadi
  3. Juara III Bregodo Sindu Mudha dari Kragilan desa Sindua
  4. Juara Harapan I Bregodo Kuntul Sarombo dari Ketingan desa Tirtoadi
  5. Juara Harapan II Bregodo Setrodono dari Mlati Glondong Sendangadi.
Sedangkan untuk pemenang lomba dolanan anak :

  1. Juara I Dari SD Sendangadi I desa Sendangadi
  2. Juara II Dari SD Tirtoadi desa Tirtoado
  3. Juara III Dari SD Sinduadi I desa Sinduadi
  4. Juara Harapan I Dari SD Gemawang desa Sinduadi
  5. Juara Harapan II Dari SD Jatisari desa Sendangadi

 

Author: KECAMATAN MLATI

DOMAIN RESMI KECAMATAN MLATI

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *