Bangkitkan Ekonomi Lokal, Kapanewon Mlati Gelar Pasar Lebaran

Pandemi Covid-19 sangat berpengaruh pada kelangsungan Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM) Kapanewon Mlati. Dalam rangka mengoptimalkan potensi lokal Kapanewon Mlati menggelar Pasar Lebaran dan Pasar Murah 4-5 Mei 2021 bertajuk Semarak Pasar Lebaran UMKM Kapanewon Mlati di halaman Kapanewon Mlati. Harapannya akan memotivasi UMKM terus bergerak dan berproduksi.
Bersamaan dengan Pasar Lebaran juga dilaksanakan bakti sosial dengan kegiatan pembagian pembagian paket sembako gratis dan santunan bagi anak yatim sebagai wujud  kepedulian terhadap sesama.
Pelaksanaan Pasar Lebaran dibuka Selasa 4 Mei 2021 di Pendopo Kapanewon Mlati.
Panewu Mlati dalam sambutannya menyampaikan, “Acara ini untuk mengangkat UMKM yang mengalami keterpurukan dalam situasi pandemi covid 19. Semoga dengan digelarnya acara ini dapat memotivasi UMKM di wilayah Kapanewon Mlati untuk terus bergeliat.”
Sementara itu ketua Baznas Kabupaten Sleman dalam sambutannya menyampaikan laporan terkait dengan pelaksanaan program Baznas Kabupaten Sleman. “Target penghimpunan dana Baznas di tahun 2020 sebanyak 5 M terealisasi 5,6 M. Tahun ini sudah terlaksana di 17 Kapanewon program pembagian sembako, santunan anak yatim, dan  bantuan untuk rois, Mlati adalah kapanewon terakhir,” imbuhnya.
Sebanyak 300 paket sembako (@ Rp 100.000) dari Bank BPD DIY Capem Mlati, UPK PNPM Kapanewon Malti dan BAZNAS Kabupaten Sleman akan diserahkan kepada warga miskin dan difabel. Serta santunan untuk 181 anak yatim (@Rp 100.000) dari dana sosial pegawai Kapanewon Mlati, Tim Penanggulangan Kemiskinan Kapanewon Mlati, UPK PNPM Kapanewon Mlati dan Allusan Batik.
Penyerahan Paket secara simbolis oleh Bupati Sleman berupa sembako dan santunan bagi anak yatim. Dalam sambutannya Bupati Sleman menyampaikan, “Apresiasi atas terlaksananya kegiatan semarak pasar lebaran di Kapanewon Mlati. Adanya sinergisitas antara pemerintah daerah dengan pelaku UMKM untuk peningkatan ekonomi masyarakat. Dengan gerakan borong bareng yang menjadi program Kabupaten Sleman diharapkan mampu menggugah UMKM untuk terus bergerak dan berproduksi.” Selanjutnya berkenan Bupati Sleman membuka acara pada hari ini, dilanjutkan dengan peninjauan stand.
Pasar lebaran kali ini menampilkan sejumlah 33 stand UMKM dari Kapanewon Mlati. Dengan rincian 9 stan fashion, 3 stan kerajinan, 18 stan kuliner, 1 stan sembako, 1 stan Bank BPD DIY Capem Mlati, dan 1 stan daging beku. Secara keseluruhan diikuti oleh 40 UMKM di Kapanewon Mlati.
Turut hadir dalam acara ini Bupati Sleman, kepala PT Bank BPD Cabang Sleman, Kepala Dinas Perindag, Kepala Dinas Pora, Kabag Umum Kabupaten Sleman, Kepala Baznas Kabupaten Sleman, Muspika Mlati, Lurah se-Kapanewon Mlati dan beberapa tamu undangan.

Penyerahan simbolis bantuan sembako dan santunan anak yatim oleh Bupati Sleman

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*