Ciptakan Kondisi Jogja Berhati Nyaman Melalui Sosialisasi Bhinneka Tunggal Ika

Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) sebagai salah satu daerah istimewa di NKRI memiliki masyarakat dengan beragam agama, suku dan budaya. Rasa Kebhinnekaan Tunggal Ika dinilai sangat penting untuk terus dipupuk dan diaplikasikan dalam sendi-sendi kehidupan. Berdasarkan hal tersebut Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) DIY merasa perlu untuk melaksanakan sosialisasi Bhinneka Tunggal Ika dalam bingkai keistimewaan DIY. Kamis (25/02/2021) bertempat di Pendopo Kapanewon Mlati, Badan Kesbangpol DIY menyelenggarakan Sosialisasi Bhinneka Tunggal Ika bagi tokoh masyarakat, karang taruna, organisasi masyarakat di wilayah Kapanewon Mlati.

Tujuan sosialisasi ini untuk menyusun informasi detail tentang karakteristik dan pemahaman masyarakat di DIY tentang Kebhinnekaan Tunggal Ika serta kebijakan daerah yang mendukung Kebhinnekaan, menanamkan nilai Kebhinnekaan Tunggal Ika, memelihara persatuan dan kesatuan serta untuk menciptakan kondisi Yogyakarta berhati nyaman.

DIY sebagai salah satu provinsi dengan beragam budaya, agama, pariwisata, pendidikan yang membaur menjadi satu dapat menimbulkan gesekan-gesekan di tengah masyarakat, ditambah dengan pesatnya intensitas komunikasi global tidak jarang gesekan yang ada berujung bersifat SARA. Hal ini perlu disikapi dengan penerapan toleransi dalam kehidupan bermasyarakat, jelas Markus selaku narasumber dari Kesbangpol DIY.

Andika Djalu Sembada, seorang praktisi yang turut menjadi narasumber dalam acara ini menyampaikan bahwa perbedaan yang ada diharapkan dapat mendorong lahirnya semangat persatuan dan kesatuan bangsa sehingga menjadi salah satu pilar untuk memperkokoh NKRI.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*