Dewi Rawe, Oase di Kecamatan Mlati

Rajek Wetan terletak di simpang jejak Kasultanan Ngayogyakarta Hadiningrat, diantara selokan Mataram dan Kali Bedog. Rajek Wetan merupakan salah satu dari 15 dusun di Desa Tirtoadi Kecamatan Mlati. Pada tanggal 3 Mei 2019 untuk pertama kalinya Rajek Wetan dilaunching sebagai Desa Wisata Budaya Rajek Wetan (Dewi Rawe). Sebagai dusun yang memiliki banyak potensi seperti landscape alam, seni & budaya, sejarah, kuliner, flora, fauna, dan kerajinan menjadikan Rajek Wetan memiliki daya tarik dibanding dengan dusun lainnya.

Ditinjau dari aspek budaya, Dewi Rawe memiliki 4 buah Joglo yang dijadikan sebagai rumah budaya dan 9 limas yang difungsikan sebagai home stay dan galeri seni. Budaya seni seperti kethoprak, jathilan, karawitan, kenduri, sadranan, wiwit dan memetri kali bedog masih dapat dijumpai di Dewi Rawe. Bagi anda yang ingin berwisata budaya dapat menjadikan Dewi Rawe sebagai destinasi wisata anda.

Suasana pedesaan nan asri dapat anda temui di Wanadesa. Aneka tanaman buah dan pepohonan yang rindang nampak menghiasi Wanadesa di Rajek Wetan. Wisatawan dapat bersantai dipendopo dan kursi-kursi bambu yang ada di Wanadesa.

Ketika berwisata, kuliner menjadi salah satu pertimbangan untuk penentuan destinasi. Aneka makanan khas Dewi Rawe seperti gudeg rebung, bobor rebung, gulai rebung, bening kelor, resoles rebung, lumpia rebung dengan minuman wedang sere, wedang jahe, gula asem, secang, dan wedang telang siap memanjakan lidah wisatawan yang datang. Menikmati makanan tradisional di tengah suasana desa nan asri pantang dilewatkan saat berkunjung di sini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *