Jambore & Gladi Lapangan Relawan PB Kecamatan Mlati

Kecamatan Mlati menggelar jambore dan gladi lapangan relawan penanggulangan bencana Sabtu dan Minggu 6 s.d. 7 Juli 2019 di Pendopo Kecamatan Mlati. Acara ini dihadiri oleh Camat Mlati, Danramil Mlati, Kapolsek Mlati dan ketua FKKRS Sleman. Kegiatan jambore dan gladi lapangan relawan PB kali ini dibuka oleh Camat Mlati.

Peserta yang hadir pada jambore kali ini mencapai sekitar 170 orang yang berasal dari komunitas relawan se Kecamatan Mlati. Diantaranya adalah Rescue 328, PRBIM Basoka Mlati, RELSEN (Relawan Sendangadi), Sarsena, Linmas, FORTAB Sumberadi dan PMI Mlati.

Di hari pertama kegiatan ini diisi dengan Tausiyah dari Bapak Sudiman, S.Ag dengan mengangat materi mengenai kebencanaan dari sisi religi. Pada kegiatan ini juga berlangsung sharing  antar komunitas relawan mengenai pengalaman dalam praktek penanggulangan bencana. Salah satu hal yang paling menarik dari sharing malam tersebut adalah mengenai perbedaan antara relawan PB di masa sekarang dan relawan pada era masa lalu. Banyak relawan yang menilai jika relawan di era lalu lebih tanggap dan terampil dalam menanggulangi bencana berbeda dengan sekarang. Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi para relawan PB masa kini untuk dapat memecahkan stigma mengenai hal tersebut. Berbagai upaya akan dilakukan untuk meningkatkan kapasitas para relawan PB termasuk salah satunya melalui acara jambore dan gladi lapangan PB Kecamatan Mlati kali ini.

Selain menjalin silaturahmi antar relawan kegiatan ini juga dimaksudkan untuk meningkatkan kapasitas pada relawa PB di Kecamatan Mlati. Salah satu materi yang diberikan pada jambore kali ini adalah pelatihan pertolongan henti jantung. Diharapkan melalui pelatihan ini, para relawan mampu memberikan pertolongan henti jantung pertama kalau-kalau ada korban bencana yang mengalami serangan jantung.

Kegiatan jambore dan gladi lapangan kali ini ditutup dengan apel siaga kebencanaan yang diikuti oleh seluruh peserta jambore.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *