Kartu Keluarga

STANDAR PELAYANAN KARTU KELUARGA

Dasar Hukum : Undang-Undang Nomor 24 Tahun 2013 tentang Perubahan Atas Undang – Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan Perda Kabupaten Sleman Nomor 07 tahun 2009

 

1. Persyaratan 1. Formulir Permohonan Kartu Keluarga (F-1,15/16)
2. Formulir Isian Biodata (F-1,01 )
3. Kartu Keluarga lama jika ada perubahan data
4. Surat Keterangan kehilangan KK dari Desa apabila kehilangan KK
5. Formulir permohonan menjadi penduduk  atau permohonan pindah penduduk
6. Surat Keterangan Pindah dari Dinas Kependudukan asal dan surat Keterangan Datang dari Dinas Kependudukan Kabupaten Sleman bagi penduduk luar Kabupaten Sleman
7. Surat Keterangan Pindah dari Kecamatan bagi pindahan antar Kecamatan
8. Laporan pendukung perubahan biodata KK:
a. Fotocopy Surat Keterangan Kelahiran/ Akte Kelahiran untuk menambah biodata KK
b. Fotocopy Buku Nikah/ Akte Cerai untuk mengubah status perkawinan
c. Fotocopy Ijazah/ Akte Kelahiran untuk perubahan tempat, tanggal lahir
d. Lampiran pendukung lainnya yang  bisa     dipertanggungjawabkan
9. Surat Kehilangan dari POLRI bagi KK yang hilang
2. Prosedur

/Mekanisme

1. Menyampaikan Surat Keterangan Permohonan  KK  dan lengkap sesuai dengan persyaratan
2. Berkas Permohonan teregistrasi isian Formulir F-1.01 dan F-1.15/16 dengan lengkap dan benar serta dibubuhi tanda tangan Dukuh atau kepala desa  setempat
3. Penelitian berkas
4. Pencatatan di buku register
5. Verifikasi  data baser kependudukan, pengentrian data dan permohonan persetujuan Kepala Dinas Dukcapil lewat on line
6. Pencetakan Kartu Keluarga
3. Waktu Penyelesaian 1. Mencatat dan mengoreksi berkas permohonan untuk diproses lebih lanjut dan membuatkan tanda terima 5 menit
2. Menandatangani formulir F-1,15 yang telah ditandatangani pemohon 5 menit
3. Memastikan berkas permohonan sudah lengkap dan benar (dilegalisasikan ke Kepala Seksi Pelayanan Umum) 5 menit.
4. Melakukan entri data terhadap berkas permohonan ke sistem kependudukan dan mengajukan persetujuan lewat aplikasi ke Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil.
5. Kalau sudah mendapat persetujuan dari Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil baru di cetak oleh operator Kecamatan.
6. Memeriksa dan menyetujui  berkas permohonan KK untuk diproses lebih lanjut (didelegasikan Kepala Seksi Pelayanan Umum) 5 menit
7. Cetakan blangko KK yang sudah disetujui Camat ke Dinas Kependudukan dan Catatan sipil untuk diproses lebih lanjut 1 hari,  memberikan cetak KK yang sudah ada. Berikutnya kepada pengadministrasi umum untuk diberikan kepada pemohon.

Penyelesaian  3x 24 jam

4. Biaya/Tarif Rp. 0,-  (Tidak dipungut biaya)
5. Produk Pelayanan Pencetakan KK
6. Sarana Prasarana dan fasilitas Komputer Online SIAK, Blanko Isian, Buku Register
7. Pengelolaan Pengaduan 1.    Sarana Pengaduan yang dipergunakan:
a.    Kotak Pengaduan
b.    Telepon     :  081229359066  (Kasi Yanum)
c.    Website     : www.mlatikec.slemankab.go.id
d.    SMS          : 081229359066 (Kasi Yanum)
e.    Penyediaan petugas pengaduan

 

Bagan alur pelayananan KK klik disini