Kominfo Sleman Beri Sosialisasi Mengenai KIM di Kecamatan Mlati

Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kabupaten Sleman mengadakan sosialisasi mengenai Kelompok Informasi Masyarakat (KIM), Selasa (13/8) di Ruang Rapat Lantai 2 Kecamatan Mlati.

Sosialisasi yang diikuti oleh Sekretaris Desa se Kecamatan Mlati, Ketua BPD se Kecamatan Mlati, Karang Taruna Kecamatan Mlati dan beberapa tokoh di Kecamatan Mlati bertujuan untuk membangkitkan kembali KIM di Kecamatan Mlati.

Sosialisasi ini dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Mlati. Beliau menyampaikan bahwa sebenarnya di Kecamatan Mlati sudah terbentuk KIM namun keberadaanya saat ini masih kurang eksis, diharapkan melalui sosialisasi yang difasilitasi oleh Kominfo SlemanĀ  ini KIM Kecamatan Mlati dapat aktif kembali. Sehingga dengan terbentuknya KIM Kecamatan kedepannya KIM di masing-masing desa juga terbentuk.

Ida, selaku narasumber dari Kominfo juga menyatakan bahwa cikal bakal KIM di Kecamatan Mlati sebenarnya sudah ada tinggal bagaimana membangkitkan kembali KIM di Kecamatan Mlati. KIM sendiri berfungsi sebagai media untuk menyampaikan berita-berita yang ada di masyarakat.Informasi yang diberikan sebaiknya merupakan informasi yang dapat mengedukasi masyarakat dan bersifat nasionalis. Melalui keberadaan KIM ini diharapkan terjadi komunikasi 2 arah antara pemerintah dengan masyarakat, sehingga pemerintah juga dapat mengetahui hal-hal yang terjadi di masyarakat.

Selain penjelasan mengenai apa itu KIM, pada sosialisasi kali ini terdapat sesi sharing pengalaman dari Suripto selaku ketua KIM Kabupaten Sleman. Menurut Suripto ketika akan bergabung dengan KIM hal pertama yang harus dilakukan adalah menyukai KIM itu sendiri. Setelah menyukai, keinginan untuk bergabung akan timbul dengan sendirinya, sehingga untuk menjalankan tugaspun akan lebih mudah. Menurut pengalaman Suripto dalam menggerakkan KIM di daerahnya, berani mencoba memulai dan memiliki target yang jelas adalah modal terpenting.

Sosialisasi KIM ini mendapat sambutan yang baik dari undangan yang hadir. Nur Singgih salah satu undangan yang hadir mendukung untuk diaktifkannya kembali KIM di Kecamatan Mlati. Beliau juga menuturkan memang sebaiknya KIM di Kecamatan eksis terlebih dahulu baru kedepannya dibentuk KIM di tingkat Desa.

Sebagai tindak lanjut dari acara sosialisai ini, Sekretaris Kecamatan Mlati menunjuk 4 orang undangan yang hadir untuk nantinya berkoordinasi mengenai rencana pembentukan kepengurusan KIM baru di Kecamatan Mlati.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *