Mlati Adakan Monitoring dan Evaluasi Terkait Adminduk dan Pengelolaan Arsip di Kalurahan Sendangadi

Pemerintah Kapanewon Mlati adakan monitoring dan evaluasi terkait administrasi kependudukan (Adminduk) dan pengelolaan arsip Kalurahan Sendangadi.  Petugas dari Kapanewon Mlati yang dipimpin oleh Panewu Anom Mlati, Rohmiyanto, mengadakan kunjugan ke Kalurahan Sendangadi (Senin 7/6/21) untuk melihat secara langsung kondisi pelayanan Adminduk dan pengelolaan arsip di Sendangadi. Hal ini dilakukan dalam rangka pendampingan pengelolaan arsip dan pelayanan Adminduk Kalurahan agar lebih baik lagi. Sesampainya di Kalurahan Sendangadi, petugas dari Kapanewon langsung memeriksa kebagian pelayanan umum terkait dengan administrasi kependudukan dan masing-masing ruang Pangripta, Ulu-Ulu, Jagabaya, Kamituwa, Tatalaksana terkait dengan pengelolaan arsip.

Setelah melakukan monitoring terkait dengan pengelolaan arsip, Kasubbag Umum dan Kepegawaian Kapanewon Mlati, Sri Yuniarti mengevaluasi bahwa sebagian arsip sudah dikelola dan sudah ada depo arsip, namun pengelolaan arsip di Sendangadi masih perlu banyak perbaikan terkait dengan penyimpanan dan penataan arsip di masing-masing bagian maupun arsip pusat. “Filling kabinet di masing-masing bagian bisa mulai difungsikan, untuk penataan arsip dimasing-masing bagian bisa disimpan di filling kabinet serta disusun perkode dan diluar filling untuk diberi keterangan sesuai dengan isinya”, terang Yuni. Apabila kedepannya menemui kendala terkait pengelolaan arsip, bisa berkoordinasi dengan Kapanewon atau Dinas Perpustakaan dan Kearsipan tambah Yuni.

Menanggapi apa yang dievaluasi terkait arsip, Carik Sendangadi Parjiyono menyampaikan bahwa, untuk kedepannya Kalurahan akan mengusahakan untuk perbaikan arsip. Kedepannya kami tetap meminta dukungan dari Kapanewon dan Dinas Kearsipan untuk mendampingi pengelolaan arsip agar lebih baik lagi, ungkap Parjiyono. Sebagai bentuk komitmen, Carik Sendangadi juga menyatakan akan menambah SDM dengan latar belakang kearsipan untuk memperbaiki pengelolaan arsip di Sendangadi.

Dilain sisi, untuk evaluasi terkait pelayanan Adminduk kepada masyarakat, Dyah Purwanti selaku Kepala Jawatan Umum Kapanewon Mlati mengapresiasi pelayanan adminduk yang sudah berjalan dengan baik.

Kegiatan monitoring dan evaluasi secara keseluruhan berjalan dengan baik. Pada akhir acara, sekaligus berpamitan, Panewu Anom Mlati menyampaikan rasa terima kasih kepada Pemerintah Kalurahan Sendangadi karena telah menerima kunjungan dengan baik. Harapannya monitoring dan evalusasi ini bisa untuk perbaikan di Kalurahan Sendangadi.

Gambar 1. pemeriksaan arsip dimasing-masing bagian

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*