Pandemi Tetap Berdonor

Mlati (4/11). Pengurus PMI Kapanewon se-Kabupaten Sleman melaunching kegiatan Donor Darah hari ini di Kapanewon Mlati. Kegiatan ini sebagai upaya untuk mencukupi ketersediaan darah di PMI Kabupaten Sleman. Adanya pandemi Covid-19 sangat berpengaruh terhadap ketersediaan darah. Penyelenggara kegiatan ini adalah Pengurus PMI kapanewon. Sementara untuk biaya sepenuhnya dari PMI Kabupaten Sleman.

Hadir dalam acara launching kali ini Ketua PMI DIY diwakili oleh Suryanto, SH, selaku wakil sekretaris PMI, Bupati Sleman Drs. Sri Purnomo, M.Si, Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Ketua dan Pengurus PMI Kabupaten Sleman, Panewu Mlati, Kapolsek Mlati, Danramil Mlati, Ketua PMI Kapanewon se-Kabupaten Sleman.

Ketua PMI Kabupaten Sleman dr. Sunartono, M.Kes, menyampaikan, “Mulai hari ini untuk memenuhi kebutuhan darah di PMI Sleman dilaksanakan aksi donor darah yang nantinya akan dilaksanakan di setiap kapanewon melalui pengurus PMI kapanewon. Digerakkannya kegiatan ini untuk memenuhi kebutuhan darah di Sleman. Harapannya kebutuhan darah di Sleman bisa dicukupi dari penduduk Sleman.”

Dalam sambuatannya, Sunartono juga menyampaikan permohonan kepada Bupati Sleman untuk melaunching kegiatan ini.

Suryanto, SH selaku wakil sekretaris PMI DIY menyampaikan apresiasi kepada PMI Sleman yang telah berupaya menggandeng beberapa instansi dalam kegiatan penggalangan donor darah. “Inovasi yang dilakukan oleh PMI Kabupaten Sleman akan dapat mensupot kebutuhan darah di Sleman. Inovasi ini harapannya dapat ditiru olah PMI Kota dan 3 Kabupaten lainnya,” tuturnya.

Bupati Sleman dalam sambutannya juga menyampaikan apresiasi atas trobosan baru untuk mengadakan donor darah di tingkat kapanewon se-Sleman dengan sistem jemput bola. “Dengan adanya pandemi ini sangat berpengaruh terhadap kegiatan donor darah dimana setiap orang harus menerapkan protokol kesehatan jaga jarak. Dimana Sleman saat jumlah terkena covid-19 relatif banyak tetapi tingkat kesembuhannya tertinggi. Harapannya masyarakat tetap menerapkan protokol kesehatan dengan cita mas jajar,” tungkasnya.

“Ketersediaan darah harapannya dapat tercukupi dengan sistem jemput bola ini. Sedikit demi sedikit secara berkelanjutan darah di Sleman akan tersedia,” imbunya.

Dalam acara ini Bupati Sleman berkenan membuka launching Donor Darah Kapanewon se-Sleman. Dilanjutkan dengan peninjauan ke lokasi donor darah.

Kegiatan ini akan dilaksanakan di 17 Kapanewon. Harapannya kegiatan ini akan rutin dilaksanakan setiap 2-3 bulan sekali. Menjadi target peserta dari kegiatan ini masyarakat umum, ASN, TNI/Polri, Lurah dan Perangkat, anggota Donor Darah Sukarela.(KIM Mlati/Yoko)

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*