Panewu Anom Mlati Serahkan Kado Nikah Manten Perdana di Gabahan

Mengawali tahun 2021, Kapanewon Mlati tengah menyiapkan inovasi pelayanan dibidang administrasi kependudukan berupa pemberian “Kado Nikah untuk Manten”. Kado Nikah untuk Manten merupakan program pembaruan dokumen kependudukan pengantin dari status belum kawin menjadi kawin, yang diwujudkan dengan penyerahan KTP berstatus kawin kepada pengantin setelah akad nikah bersamaan dengan penyerahan buku nikah dan kartu nikah.

Selasa, 5 Januari 2021 untuk pertama kalinya Kapanewon Mlati menyerahkan “Kado Nikah untuk Manten” kepada Maulida Hana Miranti warga Padukuhan Gabahan RT 02 RW 13 Sumberadi Mlati di Gabahan setelah prosesi akad nikah berlangsung. Penyerahan perdana “Kado Nikah untuk Manten” secara simbolis diserahkan oleh Rohmiyanto, A P selaku Panewu Anom Kapanewon Mlati. KTP dengan status kawin diserahkan kepada pengantin wanita yang notabene merupakan warga Kapanewon Mlati.

Dalam sambutannya Panewu Anom Mlati, menyatakan bahwa “Kado Nikah untuk Manten” merupakan inovasi pelayanan publik bidang administrasi kependudukan yang bertujuan untuk mendukung terlaksananya tertib administrasi kependudukan bagi pasangan pengantin baru di wilayah Kapanewon Mlati. Disampaikan bahwa kesempatan ini adalah pertama kalinya pemberian kado nikah di Kapanewon Mlati. Panewu Anom Mlati berharap masyarakat yang hadir dalam pernikahan Hana dapat turut mensosialisasikan program ini kepada saudara atau masyarakat yang lainnya untuk mendukung tertib administrasi kependudukan khususnya di Kapanewon Mlati.

Bagi warga Mlati yang ingin mengikuti program “Kado untuk Manten” dapat mendaftarkan diri di Kalurahan bersamaan pada saat pendaftaran nikah¬† dengan mengisi formulir perubahan status KK dan KTP dengan dilampiri fotokopi KK dan KTP calon pengantin. Setelah berkas lengkap, KTP akan langsung diserahkan setelah akad nikah sedangkan KK akan diserahkan 3 hari setelah akad nikah.

Turut hadir dalam acara tersebut Kepala KUA Mlati, Kepala Jawatan Umum Mlati, Kaur Tata Laksana Kalurahan Sumberadi dan Dukuh Gabahan.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*