Pelatihan SIDEK DESAKU (Sistem Informasi Debet Kredit untuk Desa)

Kecamatan Mlati menyelenggarakan pelatihan SIDEK DESAKU bertempat di Kampus UTY, Kamis (19/12). Pelatihan ini diikuti oleh Sekdes dari 5 Desa di Kecamatan Mlati, Kaur Perencanaan 5 Desa di Kecamatan Mlati, para operator SIDEK, dan pendamping desa dengan pemateri Tunggoro Widiandaru, SE MH ACPA Ak. dari Fakultas Ekonomika & Bisnis UGM.

SIDEK DESA merupakan sistem aplikasi yang menggantikan SisKeuDes. SIDEK DESA merupakan sistem yang bisa membantu pencatatan transaksi keuangan desa. Mulai dari rencana anggaran keuangan desa sampai dengan laporan pertanggungjawaban keuangan desa.

SIDEK DESA mampu merancang RPJM desa, RKP desa serta proses penganggaran dan pertanggungjawaban kegiatan. Selain itu, SIDEK DESA juga mampu membuat laporan dari segi akuntansi.

Sistem ini merupakan wujud tindak lanjut dari Peraturan Mentri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 20 tahun 2018 tentang pengelolaan keuangan desa. SIDEK DESA sudah mulai disosialisasikan dan diterapkan. Diharapkan laporan keuangan di desa menjadi transpan. Dengan laporan keuangan yang lebih transparan, masyarakat bisa melakukan pengawasan dan mengetahui setiap program yang sudah dijalankan oleh pihak desa.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *