Pembinaan Kearsipan

Selasa, 26 Februari 2019 Kecamatan Mlati mengadakan pembinaan kearsipan bagi pengelola arsip di kecamatan Mlati dan desa-desa se Kecamatan Mlati dengan mengundang narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. Acara pembinaan kearsipan dibuka oleh Sekretaris Kecamatan Mlati Drs. Arifin, M.Laws.

Materi pembinaan kearsipan disampaikan oleh Ibu Mulyati dan Ibu Antun Siwi selaku narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman. Pada kesempatan ini para pengelola arsip diajarkan bagaimana cara mengelola arsip dengan benar, khususnya mengenai surat menyurat. Selain penyampaian materi, pembinaan kali ini juga disertai dengan praktek pengelolaan arip. Setiap perwakilan dari desa-desa se Kecamatan Mlati diminta untuk mempraktekkan cara mengisi lembar disposisi surat masuk maupun surat keluar. Diharapkan melalui pembinaan arsip ini, pengelolaan arsip ditingkat Kecamatan maupun Desa bisa lebih baik lagi.

Pengelolaan arsip yang dilaksanakan dengan baik dan benar sesuai dengan kaidah yang ada akan menghadirkan kemanfaatan besar bagi kehidupan organisasi, pemerintah, dan masyarakat. Ketersediaan arsip secara utuh, otentik, dan terpercaya, pada setiap kementerian/lembaga dan pemerintahan daerah akan memberikan dukungan nyata bagi pelaksanaan reformasi birokrasi utamanya untuk kemanfaatan penilaian kinerja, pertanggungjawaban kinerja, pelayanan publik, serta penyediaan alat bukti bagi kepentingan lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *