Pembinaan Kelompok Tani

Kecamatan Mlati mengadakan pembinaan kelompok tani pada Selasa, 26 Maret 2019. Pembinaan dilakukan pada kelompok tani di wilayah Kecamatan Mlati dan Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) Kecamatan Mlati yang berlangsung di Gedung Serbaguna Kecamatan Mlati. Sekretaris Kecamatan Mlati, Bapak Arifin hadir untuk membuka acara pembinaan kelompok tani. Setelah pembukaan pembinaan kelompok tani oleh Sekretaris Kecamatan Mlati, dilanjutkan dengan acara pemaparan mengenai irigasi tetes oleh Bapak Heru selaku narasumber dari Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan Kabupaten Sleman.

Kecamatan Mlati bagian Utara termasuk wilayah yang kesulitan air, sumber daya air di wilayah ini sudah mulai berkurang, hal ini ditandai dengan sedikitnya jumlah air walaupun hujan sudah turun. Bapak Heru menyampaikan bahwa irigasi tetes merupakan salah satu sistem pengairan yang efektif dan efisien. Irigasi tetes merupakan salah satu sistem pengairan yang menghemat air dan pupuk dengan membiarkan air menetes pelan-pelan ke akar tanaman, baik melalui permukaan tanah atau langsung ke akar, melalui jaringan katup, pipa dan emitor. Selain menghemat air dan pupuk, dengan irigasi tetes tenaga kerja yang diperlukan untuk mengairi sawah juga lebih efisien. Penerapan irigasi tetes juga mampu menekan persebaran organisme pengganggu tanaman (OPT).

Melalui pengenalan irigasi tetes ini diharapkan masalah kurangnya sumber daya air dapat teratasi, sehingga hasil pertanian di wilayah mlati semakin baik lagi. Pada akhir pemaparan materi, Bapak Heru juga menampilkan video mengenai penerapan irigasi tetes di lahan tumpang sari melon dan cabai untuk lebih memperjelas materi yang disampaikan.

Peserta pembinaan terlihat antusias selama acara berlangsung, hal ini dapat dilihat dengan banyaknya peserta yang bertanya pada saat sesi tanya jawab. Bapak Gimin yang merupakan salah satu anggota kelompok tani di wilayah Kecamatan Mlati menunjukkan antusiasnya dengan memberikan masukan agar para petani diajak meninjau langsung sawah yang telah menerapkan irigasi tetes.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *