Pengelola Arsip Kapanewon Mlati Ikuti Pembinaan Aplikasi SIMARDA

Senin, 9 November 2020 Kapanewon Mlati menyelenggarakan pembinaan kearsipan bagi pengelola arsip di Kapanewon Mlati dengan menghadirkan narasumber dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman bertempat di Ruang Rapat Lantai II Kapanewon Mlati.

Acara dibuka oleh Panewu Anom Mlati, kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai aplikasi Sistem Informasi Manajemen Kearsipan Daerah (SIMARDA) oleh Arsiparis Ahli Muda Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Betty Indriati.

Betty menyatakan bahwa salah satu dampak terbesar dari kemajuan teknologi yang dialami bidang kearsipan saat ini adalah pengelolaan arsip elektronik. Kabupaten Sleman dalam pengelolaan arsip dinamis menerapkan implementasi dari Sistem Informasi Kearsipan Daerah (SIKD), salah satunya yaitu penggunaan aplikasi (SIMARDA).

SIMARDA merupakan aplikasi yang dirancang untuk menangani pengelolaan arsip dinamis, (mengelola persuratan dan pemberkasannya) yang dapat diakses melalui komputer, laptop, dan smartphone yang terkoneksi dengan internet. Tujuan dari SIMARDA sendiri meliputi :

1.Mewujudkan tertib arsip Perangkat Daerah Pemerintah Kabupaten Sleman

2.Meningkatkan kinerja birokrasi melalui inovasi sistem administrasi persuratan

3.Mendukung e-Government Kabupaten Sleman menuju Smart Regency

yang mana selaras dengan visi Kabupaten Sleman yaitu terwujudnya masyarakat Sleman yang lebih sejahtera, mandiri, berbudaya dan terintegrasikannya sistem e-government menuju smart regency (kabupaten cerdas) pada tahun 2021.

Selain materi mengenai pengaplikasian SIMARDA, pembinaan dilanjutkan dengan materi mengenai pengelolaan arsip inaktif yang disampaikan oleh Arsiparis Pertama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman HD. Elvandari. Diakhir pemaparannya Elva mengajak untuk mulai mengelola arsip dengan baik dan teratur dengan mengutip kalimat dari Sir Arthur Doughty (1924) yang berbunyi “Dari semua aset negara yang ada, arsip adalah aset yang paling berharga. Ia merupakan warisan nasional dari generasi ke generasi yang perlu dipelihara dan dilestarikan. Tingkat keberadaban suatu bangsa dapat dilihat dari pemeliharaan dan pelestarian terhadap arsipnya”.

Pembinaan diakhiri dengan pendampingan penggunaan aplikasi SIMARDA pada masing-masing pengelola kearsipan di Kapanewon Mlati.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*