Pentingnya Revitalisasi dan Aktualisasi Pancasila Dalam Kehidupan Bermasyarakat

Dewasa ini dalam kehidupan bernegara nilai-nilai Pancasila semakin ditinggalkan. Bahkan etika bernegara yang tercermin dalam nilai-nilai Pancasila sering diabaikan. Unggah-ungguh yang dulu berkembang dimasyarakat,saat ini sudah mulai luntur. Sebagai salah satu langkah untuk mengembalikan kembali nilai-nilai Pancasila yang seharusnya ada di masyarakat, Kapanewon Mlati menyelenggarakan Sosialisasi Kalurahan Berkarakter Pancasila (Kamis 28/5/21) bagi Pamong Kalurahan, Ketua TP PKK, Karang Taruna dan Satlinmas di Kapanewon Mlati.

Pada kesempatan ini Panewu Mlati, Drs. Yakti Yudanto berharap secara khusus kepada Lurah untuk mencoba membangun karakter Pancasila di wilayahnya masing-masing. “Saya sangat berharap sekali, khususnya untuk Lurah mari kita bentuk Kalurahan ini menjadi Pancasilais sehingga gesekan yang muncul bisa diatasi”.

Panewu Mlati,  menyatakan bahwa kerawanan dilingkup masyarakat akan terus muncul seiring dengan perkembangan jaman saat ini. Nilai-nilai Pancasila yang dulu pernah ada dan menjadi pedoman dalam bermasyarakat sudah mulai ditinggalkan, karena itu Panewu Mlati mengajak untuk setiap yang hadir dalam sosialisasi tersebut mulai mencoba untuk mengembalikan dan menggugah kembali karakter Pancasila yang ada. “Yok mencoba mengembalikan nilai-nilai luhur Pancasila yang dulu pernah kita lakukan, kedepan masyarakat akan sangat kompleks, banyak pengaruh yang akan dihadapi”, ajak Panewu Mlati.

Senada dengan Panewu Mlati, Kasubbid Pembinaan Karakter Bangsa Badan Kesatuan Bangsa dan Politik, Basuki S.IP, M.Si mengungkapkan bahwa perkembangan berkemasyarakatan begitu cepat yang berimplikasi terhadap degradasi moral sehingga pengamalan nilai Pancasila luntur. Perlu untuk revitalisasi dan reaktualisasi nilai Pancasila, tambah Basuki. Revitalisasi dalam artian menjadikan nilai yang sudah ada penting dilakukan kembali dan reaktualisasi dalam artian mulai menerapkan kembali nilai yang sudah ada dalam kehidupan bermasyarakat. Masyarakat sudah memiliki nilai-nilai, tinggal kita kembali untuk melaksanakan apa yang sudah diwariskan para leluhur.

Perlu beberapa pendekatan untuk dapat mengimplementasikan kembali nilai-nilai luhur yang pernah ada. Pendekatan edukatif dilaksanakan untuk menggugah kesadaran warga masyarakat melalui proses belajar mengajar, pendekatan praktis/tindak nyata melalui kegiatan nyata dilapangan, pendekatan ketauladanan melalui suri tauladan, sehingga dapat memahami,menghayati dan mengamalkan nilai-nilai Pancasila.

Upaya revitalisasi dan aktualisasi nilai-nilai Pancasila berbasis Kalurahan Berkarakter Pancasila melalui pemahaman, penanaman dan pelaksanaan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara di Kalurahan harus  menjadi kesadaran dan gerakan kolektif secara masif, terstruktur dan terus menerus segenap komponen dan anggota masyarakat.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*