Pentingnya RTH bagi Kehidupan

Laju pembangunan dan pertambahan penduduk yang semakin cepat membuat kualitas lingkungan semakin menurun dari hari-ke hari. Kualitas lingkungan harus terus dijaga supaya tidak semakin memburuk.

Sosialisasi RTH dilaksanakan di 3 padukuhan di wilayah Kecamatan Mlati yaitu Padukuhan Warak, Sendari, dan Jatirejo 18-19 Maret 2020. Turut hadir dalam acara ini Sekdes Tirtoadi, Staf Operasional Ketentraman dan Ketertiban Umum Satpol PP Kab. Sleman dan Penyuluh Pertanian Lapangan Kecamatan Mlati.

“Menjaga kesehatan dan lingkungan adalah tanggung jawab bersama, melalui sosialisasi ini diharapkan masyarakat bisa merubah pola hidup menjadi bersih dan sehat,” ungkap Kasi Ekobang Kecamatan Mlati Yuni Suryani dalam acara sosialisasi ruang terbuka hijau (RTH) di Padukuhan Sendari Rabu (18/03/2020).

Daya dukung lingkungan yang semakin menurun menjadi permasalahan utama lingkungan hidup saat ini. Adanya RTH menjadi sangat penting dalam menjaga kualitas lingkungan.

“RTH adalah ruangan terbuka, terkena sinar matahari langsung yang masih banyak pepohonan,”jelas Karman salah satu narasumber dalam sosialisasi RTH.

Karman juga menambahkan bahwa masing-masing rumah baiknya memiliki taman/pohon perindang di halaman rumahnya sebagai sumber suplai oksigen, “satu pohon idealnya untuk 2 orang penghuni, jadi kalau penghuni rumah ada 6 ya minimal ada 3 pohon di rumahnya” imbuh Karman.

“Ciptakan kualitas lingkungan yang sejuk, asri, bersih, indah tertata untuk menjamin kualitas kesehatan lingkungan,” tutur Karman sebagai pesan dan harapan untuk masyarakat yang datang.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*