Sentra Industri Kerajinan Bambu Sendari Tembus Pasaran Ekspor

Bagi anda warga Sleman yang ingin mencari produk-produk kerajinan bambu, sentra industri kerajinan bambu Sendari dapat menjadi salah satu pilihan. Sentra kerajinan bambu yang terletak di Padukuhan Sendari, Tirtoadi, Mlati, Sleman menawarkan beragam produk mulai dari lincak, meja, kursi, tempat tidur, lampu hias dan masih banyak lainnya. Berbahan dasar bambu, produk Sentra Kerajinan Bambu Sendari dapat menembus pasaran ekspor ke luar negeri.

Salah satu pemilik kios, Bapak Sugiarta menyatakan bahwa produk kerajinan bambu miliknya sudah menembus pasaran ekspor salah satunya di Australia. Omzet penjualan kerajinan bambu yang dimiliki Bapak Sugiarta rata-rata dapat mencapai 10-15 juta/bulan, apabila penjualan sedang ramai omzet bisa naik sampai 20-30 juta. Biasanya permintaan dari konsumen mulai naik menjelang lebaran.

Dalam pengembangannya, industri kerajinan bambu ini tak lepas dari berbagai kendala. Pengawetan bahan baku menjadi salah satu kendala dalam pengembangan industri kerajinan bambu. Bapak Sugiarta mengatakan bahwa perlu modal yang banyak untuk melakukan pengawetan bahan baku bambu. Biasanya pengawetan dilakukan dengan merendam bambu dengan menggunakan larutan boric acid (asam borat). Harga asam borat yang cukup mahal membuat biaya pengawetan menjadi tinggi sehingga apabila produk dijual ke pasar lokal kadang-kadang harga jual tidak dapat menutupi harga produksi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *