Sleman Siap Atasi Corona

Ditengah merebaknya wabah corona yang membuat panik masyarakat, Pemerintah Kabupaten Sleman siap hadapi corona. Bupati mengimbau agar masyarakat tidak panik dalam menghadapi situasi ini, “bukan berarti kemrungsung (tergesa-gesa-red)  namun siap dalam arti memanfaatkan semua fasilitas yang dimiliki dengan sebaik-baiknya,”tutur Bupati Sleman Sri Purnomo dalam jumpa pers terkait wabah virus corona di Aula lantai 3 Setda Kabupaten Sleman Rabu (4/3/2020).

Menurut Sri Purnomo, masyarakat dapat memanfaatkan fasilitas kesehatan mulai dari Puskesmas, tipe C, tipe B, keatas secara berjenjang untuk mengantisipasi dan mendeteksi wabah Corona.

“Apabila ada indikasi mengarah flu, batuk, sesak dan memiliki riwayat bepergian dari luar negeri , masyarakat dapat memeriksakan diri ke fasilitisas kesehatan yang ada” imbuh Sri Purnomo.

Hal ini dilakukan untuk mengantisipasi agar jangan sampai ketika ada gejala tidak terdeteksi. Sri Purnomo mendorong Puskesmas untuk mencari informasi lebih lanjut apabila terdapat indikasi yang mengarah pada Corona agar dapat segera dilakukan penanganan lebih lanjut.

Selain kesiapan dalam fasilitas kesehatan, Kabupaten Sleman juga siap mencover biaya terkait penanganan corona sebagaimana instruksi dari pusat, Pemda Sleman merespon dengan menyiapkan regulasi untuk penanganan corona, tambah Sri Purnomo. Apabila ada kasus rumah sakit diminta untuk menangani dengan sebaik-baiknya dan kemudian administrasi akan diselesaikan oleh Kabupaten. Sejumlah dana telah dialokasikan untuk penanganan corona. Sri Purnomo menyatakan bahwa anggaran darurat selama ini tidak kekurangan,  apabila di APBD murni kurang maka akan diusulkan dalam APBD perubahan.

 

sumber gambar : https://www.freepik.com/free-vector/wuhan-coronavirus-infographic_6860032.htm

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*