Sosialisasi Jam Belajar Masyarakat di Kecamatan Mlati

Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman mengadakan sosialisasi pembinaan jam belajar masyarakat (JBM) bertempat di Gedung Serbaguna Kecamatan Mlati Kamis (26/9). Acara dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing desa di Kecamatan Mlati yang terdiri dari perangkat desa dan masyarakat. Sosialisasi dibuka oleh Sekretaris Kecamatan (Sekcam) Mlati Rohmiyanto, AP. Dalam sambutannya, beliau menyampaikan bahwa sejatinya belajar tidak mengenal waktu, kita dapat melakukannya kapan saja. Namun melalui diberlakukannya JBM, hal ini dapat menjadi salah satu cara untuk mengurangi jam anak dalam bermain HP. Desa dapat mendukung JBM dengan menereapkan kebijakan JBM mulai dari lingkup terkecil (RT).

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang disampaiakan oleh Bapak Aminnudin Najib. JBM adalah salah satu cara untuk mengembangkan kondisi dan lingkungan yang aman, nyaman, tertib dan menyenangkan untuk kegiatan belajar.

JBM merupakan gerakan bersama dari, oleh, dan untuk masyarakat. Melalui penerapan JBM yang dimulai dari jam 19.00-21.00 WIB cukup untuk membelajarkan masyarakat, memasyarakatkan kebiasaan belajar dan membangun masyarakat pembelajar. Perlu cerdas secara intelektual dan emosi untuk menciptakan kondisi belajar yang menyenangkan. Belajar harus menjadi gaya hidup di masyarakat dan menjadi ciri dan kebanggaan keluarga.

Diharapkan setiap elemen masyarakat dapat menumbuh kembangkan kesadaran dalam diri sendiri untuk menyukseskan program JBM. Perlu adanya kerjasama yang baik dari pihak keluarga, sekolah dan masyarakat demi terlaksananya program JBM. Semoga kelak dapat terbentuk anak-anak cerdas yang dapat membagi waktu antara belajar dan bermain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *