Sosialisasi “Lada Manis” dan Manfaat Donor Darah

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman adakan sosialisasi bagi pengurus PMI Kapanewon Mlati dan pelaku donor darah Kapanewon Mlati mengenai “Lada Manis” dan manfaat donor darah di Gedung Serbaguna Lantai I Kapanewon Mlati (24/5/21). Sosialisasi dibuka dengan sambutan oleh Rohmiyanto, A.P selaku Panewu Anom Mlati. Donor darah menjadi salah satu program PMI Kabupaten Sleman yang dilaksanakan di setiap Kapanewon, sehingga harapannya banyak warga yang ikut berperan. “Harapannya ke depan lebih banyak yang terlibat karena ini sangat bermanfaat” ujar Rohmiyanto dalam sambutannya. Selain bermanfaat bagi penerima, donor darah juga bermanfaat bagi kesehatan pendonor. Donor darah disamping bermanfaat bagi kesehatan penerima juga sangat bermanfaat bagi kesehatan pendonor. Salah satu dokter di PMI Kabupaten Sleman, dr. Dona menyampaikan manfaat donor darah bagi pendonor, diantaranya :

  1. menurunnya risiko terjadinya penyakit jantung
  2. meningkatnya pembakaran kalori
  3. kesehatan hati  lebih terjaga
  4. menstimulasi produksi sel darah

Program Layanan Darah di Sleman Gratis (Lada Manis) merupakan program PMI Kabupaten Sleman yang memberikan layanan darah kepada warga Sleman yang dibuktikan secara administratif dengan KK dan KTP. Tujuan dari layanan ini adalah untuk mensejahterakan warga Sleman tentang pelayanan darah. Sugeng Budi selaku Ketua Bidang Pelayanan Sosial dan Kesehatan Masyarakat PMI Kabupaten Sleman menyampaikan bahwa penerima layanan “Lada Manis” tidak mengenal status sosial yang artinya dapat diterima oleh siapa saja. “Tua, muda, miskin, kaya semua bisa menerima layanan ini” jelas Sugeng.

Saat ini “Lada Manis” sudah bisa diberikan melalui 28 rumah sakit yang ada di Kabupaten Sleman. Masyarakat dapat langsung menerima layanan melalui Rumah Sakit dengan menggunakan surat rekomendasi kebutuhan darah dari dokter. Pihak rumah sakit dapat langsung menghubungi PMI untuk memanfaatkan layanan ini.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*