Tugas Pokok dan Fungsi

Tugas Pokok dan Fungsi

Berdasarkan Peraturan Daerah Kabupaten Sleman No. 9 Tahun 2009 tentang Organisasi Perangkat dan ditindak lanjuti dengan Peraturan Bupati Sleman No. 51 Tahun 2009 tentang Uraian Tugas, Fungsi dan Tata kerja Kecamatan Mlati sebagai berikut :

  • Kecamatan Mlati merupakan wilayah kerja Camat sebagai perangkat daerah yang dipimpin oleh Camat yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
  • Kecamatan Mlati mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan menyelenggarakan tugas umum pemerintahan.
  • Dalam menyelenggarakan tugas,Kecamatan Mlati mempunyai fungsi :
  1. Perumusan kebijakan tehnis sebagian urusan otonomi daerah dan tugas umum pemerintahan.
  2. Pelaksanaan tugas sebagian urusan otonomi daerah dan tugas umum pemerintahan.
  3. Penyelenggaraan pelayanan umum.
  4. Pembinaan dan pengkoordinasian wilayah, dan
  5. Pelaksanaan tugas lain yang diberikan Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.

tata Laksana

Kedududkan, Tugas, Fungsi dan Organisasi

  1. Kecamatan merupakan wilayah kerja Camat sebagai Perangkat Daerah yang dipimpin oleh Camat yabg berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Bupati melalui Sekretaris Daerah.
  2. Kecamatan mempunyai tugas melaksanakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan oleh Bupati untuk menangani sebagian urusan otonomi daerah dan menyelenggarakan tugas umum pemerintahan.
  3. Dalam melaksanakan tugas Kecamatan mempunyai fungsi berdasarkan Undang Undang No 23 Tahun 2014 Pasal 225 tentang Pemerintah Daerah:
    • Pelaksanaan tugas sebagian urusan otonomi daerah dan tugas umum pemerintahan.
    • Penyelenggaraan pelayanan umum.
    • Pembinaan dan pengorganisasian wilayah.
    • Pelaksanaan tugas lain yang diberikan oleh Bupati sesuai dengan tugas dan fungsinya.
  • Susunan Organisasi Kecamatan terdiri dari :

Camat.

Sekretariat Kecamatan terdiri dari :

  1. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, dan
  2. Sub bagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi.

Seksi Pemerintahan.Seksi Ketenteraman dan Ketertiban.

Seksi Perekonomian dan Pembangunan.

Seksi Kesejahteraan Masyarakat.

Seksi Pelayanan Umum

Sekretariatdipimpin oleh Sekretaris Kecamatan yang berada lansung dibawah dan bertanggungjawab kepada Camat.

Setiap Seksi dipimpin oleh Kepala Seksi yang berada dibawah danbertanggungjawab melalui Sekretaris Kecamatan.

Setiap Sub Bagian dipimpin oleh Kepala Sub Bagian yang berada dibawah dan bertanggungjawab kepada Sekretaris Kecamatan

Kelompok Jabatan Fungsioanal dalam melaksanakan tugas dikoordinasi kan oleh tenaga fungsional yang ditunjuk dan berada dibawah serta ber tanggungjawab kepada Camat melalui Sekretaris Kecamatan.

Bagan Organisasi Kecamatan sebagaimana tersebut dalam Lampiran Peraturan Bupati Sleman No. 51 Tahun 2009 tentang Uraian tugas, fungsi dan tata kerja Kecamatan.

Sekretariat.

Sekretariat mempunyai tugas menyelenggarakan urusan umum, kepegawaian, keuangan, kepegawaian, keuangan, perencanaan, evaluasi dan mengkoordinasikan pelaksanaan tugas satuan organisasi.Sekretariat dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja Sekretariat.
  2. Perumusan kebijakan tehnis kesekretariatan.
  3. Penyelenggaraan urusan umum.
  4. Penyelenggaraan urusan kepegawaian.
  5. Penyelenggaraan urusan keuangan.
  6. Penyelenggaraan urusan perencanaan dan evaluasi.
  7. Pengkoordinasian penyelenggaraan tugas satuan organisasi, dan
  8. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja Sekretariat.

Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai tugas menyelenggarakan urusan  umum dan kepegawaian. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian dalam melksanakan tugas mempunyai  fungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.
  2. Penyiapan bahan perumusan kebijakan tehnis urusan Umum dan Kepegawaian.
  3. Penyelenggaraan urusan surat menyurat, kearsipan, perpustakaan, dokumentasi, informasi, perlengkapan dan rumah tangga.
  4. Penyusunan bahan rencana kebutuhan, kepegawaian, pengembangan pegawai, kepangkatan, hak dan kewajiban pegawai, pembinaan pegawai serta tata usaha kepegawaian, dan
  5. Evaluasi dan penyusunan laporn pelaksanaan rencana kerja Sub Bagian Umum dan Kepegawaian.

Sub Bagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi mempunyai tugas menyelenggarakan urusan keuangan, perencanaan dan eavaluai.Sub Bagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja Sub Bagian Keuangan, Perncanaan dan Evaluasi.
  2. Penyiapan bahan perumusan kebijakan tehnis Urusan Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi.
  3. Pelaksanaan anggaran, perbendaharaan, pembukuan dan penyusunan laporan keuangan.
  4. Pengkoordinasian evaluasi dan pelaporan.
  5. Penyelenggaraan evaluasi dan pelaporan
  6. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan, rencana kerja Sub Bagian Keuangan, Perencanaan dan Evaluasi.

 

  • Seksi Pemerintahan

Seksi Pemerintahan mempunyai tugas menyelenggarakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan dan melaksanakan pengkoordinasian dan pembinaan penyelenggaraan pemerintahan.Seksi Pemerintahan dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi:

  1. Penyusunan rencana kerja Seksi Pemerintahan.
  2. Perumusan kebijakan tehnis pemerintahan.
  3. Pengkoordinasian kegiatan pemerintahan ditingkat Kecamatan.
  4. Pembinaan Pemerintahan Desa.
  5. Penyelenggaraan dan pengkoordinasian pelayanan pemerintahan.
  6. Pembinaan kelembagaan kemasyarakatan desa.
  7. Penyelenggaraan fasilitasi pelayanan pajak bumi dan bangunan.
  8. Penyelenggaraan sebagian urusan otonomi daerah dibidang pemerintahan yang dilimpahkan, dan
  9. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja Seksi Pemerintahan.

 

  • Seksi Ketenteraman dan Ketertiban

Seksi Ketenteraman dan Ketertiban mempunyai tugas menyelenggarakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan, melaksanakan pengkoordi nasian dan pembinaan penyelenggraaan ketenteraman dan ketertiban.Seksi Ketenteraman dan Ketertiban dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja Seksi Ketenteraman dan Ketertiban.
  2. Perumusan kebijakan tehnis ketenteraman dan ketertiban.
  3. Pengkoordinasian dan pembinaan ketenteraman dan ketertiban .
  4. Pengkoordinasin dan penyelenggaraan penegakan peraturan per undang undangan.
  5. Pengkoordinasian dan pembinaan kesatuan bangsa.
  6. Pengkoordinasian dan pembinaan perlindungan masyarakat.
  7. Pengkoordinasian dan penyelenggaraan penanggulangan dan penanganan bencana.
  8. Penyelenggaraan urusan otonomi daerah dibidang ketenteraman dan ketertiban yang dilimpahkan,
  9. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja Seksi Ketenteraman dan Ketertiban.

 

  • Seksi Perekonomian dan Pembangunan.

Seksi Perekonomian dan Pembangunan mempunyai tugas menyelenggarakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan dan melaksanakan pengkoordinasian, pembinaan, pengembangan perekonomian dan pembangunan.Seksi Perekonomian dan Pembangunan dalam melaksanakan tugas berfungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja Seksi Perekonomian dan Pembangunan.
  2. Perumusan kebijakan tehnis perekonomian dan pembangunan.
  3. Pengkoordinasian dan fasilitasi pengembangan ekonomi masyarakat.
  4. Pengkoordinasian dan pembinaan pengelolaan lingkungan hidup dan sumber daya alam.
  5. Pengkoordinasian penyelenggaraan perencanaan dan pengendalian pembangunan.
  6. Pengkoordinasian pemeliharaan prasarana dan fasilitas pelayanan
  7. Penyelenggaraan fasilitas pelayanan bantuan perekonomian dan bangunan.
  8. Penyelenggaraan urusan otonomi daerah dibidang perekonomian dan pembangunan yang dilimpahkan, dan
  9. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja Seksi Perekonomian dan Pembangunan.

 

  • Seksi Kesejahteraan Masyarakat

Seksi Kesejahteraan Masyarakat mempunyai tugas menyelenggarakan kewenangan pemerintahan yang dilimpahkan dan melaksanakan pengkoordinasian, pembinaan dan pengembangan Kesejahteraan Masyarakat.Seksi Kesejahteraan Masyarakat dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja Seksi Kesejahteraan Masyarakat.
  2. Perumusan kebijakan tehnis kesejahteraan masyarakat.
  3. Pengkoordinasian pengembangan pendidikan non formal dan formal.
  4. Pengkoordinasian dan pembinaan seni dan budaya.
  5. Pengkoordinasian dan pembinaan kesehatan dan keluarga berencana.
  6. Pengkoordinasian pembinaan pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.
  7. Pengkoordinasian pelayanan sosial dan keagamaan.
  8. Pengkoordinasian penanggulangan kemiskinan.
  9. Pengkoordinasian perluasan kesempatan kerja dan pelatihan tenaga kerja.
  10. Pengkoordinasian dan pembinaan kepemudaan dan keolahragaan.
  11. Penyelenggaraan fasilitasi pelayanan bantuan sosial.
  12. Penyelenggaraan urusan otonomi daerah dibidang kesejahteraan masyarakat yang dilimpahkan.
  13. Evaluasi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja Seksi Kesejahteraan Masyarakat.

 

  • Seksi Pelayanan Umum

Seksi Pelayanan Umum mempunyai tugas menyelenggarakan kewenngan pemerintahan yang dilimpahkan dan melaksanakan penyelenggaraan pelayanan umum.Seksi Pelayanan Umum dalam melaksanakan tugas mempunyai fungsi :

  1. Penyusunan rencana kerja Seksi Pelayanan Umum.
  2. Perumusan kebijakan tehnis pelyanan umum.
  3. Penyelenggaraan dan pembinaan pelayanan umum.
  4. Penyelenggaraan pelayanan masyarakat yang menjadi ruang lingkup dan/atau yang belum dapat dilaksanakan pemerintah desa.
  5. Penyelenggaraan urusan otonomi daerah dibidang pelayanan umum yang dilimpahkan, dan

Evaluassi dan penyusunan laporan pelaksanaan rencana kerja Seksi Pelayanan Umum.