Warak Kidul, Wakili Mlati Dalam Evaluasi Proklim

Warak Kidul, padukuhan yang terletak di Sumberadi, Kapanewon Mlati maju mewakili Kapanewon Mlati dalam kegiatan evaluasi program kampung iklim (Proklim) tahun 2021. Tim verifikasi evaluasi Proklim Kabupaten Sleman yang terdiri dari Dinas Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian, Pangan dan Perikanan, Bappeda, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Kalurahan serta Dinas Kesehatan melaksanakan kunjungan lapangan ke Padukuhan Warak Kidul Kamis (24/06/2021).

Kedatangan tim verifikasi disambut oleh Panewu Mlati didampingi Lurah Sumberadi Hadi Sunyoto, Dukuh Warak Kidul dan masyarakat setempat.

Hadi Sunyoto berbangga karena diberi kepercayaan untuk bisa mewakili Kapanewon Mlati dalam evaluasi Proklim. Hadi menyampaikan bahwa masyarakat mampu beradaptasi sengan pemanfaatan lingkungan untuk menunjang ekonomi dan kesehatan.

“Alhamdullilah setelah adanya pembinaan, masyarakat sudah banyak yang memanfaatkan lahan rumah untuk tanaman dari toga sampai tanaman hias ada” kata Hadi.

Arif Wibowo Kepala Seksi Pengendalian Kerusakan dan Konservasi Lingkungan DLH selaku koordinator tim verifikator menyampaikan bahwa tiga peringkat tertinggi dari hasil evaluasi akan didorong dan didampingi untuk maju evaluasi Proklim tingkat nasional.

“Verifikasi dilakukan untuk melihat langsung kesesuaian kondisi di lapangan sesuai dengan yang sudah dilaporkan oleh Warak Kidul, hal yang diverifikasi terkait dengan 3 hal, yaitu mitigasi, adaptasi serta kelembagaan dan keberlanjutan terang Arif.

Berdasarkan hasil verifikasi tim di lapangan, upaya-upaya adaptasi yang telah dilakukan sudah cukup komplit, disetiap lahan rumah sudah banyak dimanfaatkan untuk tanaman khususnya tanaman hias yang bisa menjadi alternatif penopang ekonomi di masa pandemi, jelas Arif seusai melakukan verifikasi lapangan.

Yakti Yudanto, Panewu Mlati mengingatkan kembali untuk tetap menjaga tekad, niat dan semangat warga Warak Kidul untuk terus beradaptasi menyikapi kondisi iklim yang ada.

“Terima kasih untuk semangatnya dalam mewujudkan Warak Kidul menjadi kampung yang sejuk dan indah” apresiasi Yakti saat mengakhiri acara verifikasi Proklim di Warak Kidul.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*